Cumi Masak Petai

Nah menjelang siang dan dah dekat jam istirahat kantor, seper4 jam lagi, siap-siap nyari makan siang ah. Bosen, disekitar kantor makanannya itu-itu aja. Kurang sehat juga. Gimana mau sehat, sayur jarang yang menantang jadi terpaksa makan ga pake sayur, yang rutin mangkal cuma tukang bakso, mie ayam en ketoprak (ga pake humor). Padahal hari ini pengen deh makan cumi masak petai. Aq nyimpan tuh resepnya, sebentar kucopy paste dulu ya…,dari dapur pinter nih…

Cumi Masak Petai

Bahan:

  • 500 gram cumi yang masih berkulit, dipotong-potong, karung eh kantung tinta jangan dibuang
  • 30 mata petai (jangan kebanyakan ntar polusi WC)
  • 5 buah cabai merah
  • 8 butir bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh asam
  • 20 buah cabai rawit merah utuh (wuih, yummy and spicy…)
  • garam dan gula pasir secukupnya
  • 2 buah jeruk limo, diambil airnya

Cara Membuat:

Haluskan cabai merah, bawang merah, tomat, terasi. Setelah lumat, tambahkan asam. Haluskan kembali. Bumbu halus tersebut lalu ditumis sampai harum. Tambahkan cumi. Aduk rata. Bubuhi cabai rawit, garam, gula pasir. Setelah akan diangkat, tambahkan jeruk limo. Aduk lalu angkat. Siap dihidangkan.

Yaaa, tambah pengen makan cium eh cumi neh. Apa daya menu diatas kayaknya belum tersedia di RM Padang per4an Gundar kelapa dua apalagi di Cafe Bajuri!

O iya selain resep diatas, aq ada resep cumi favorit atawa andalan, dijamin yang mencicipi akan doyan. Bahannya cukup cumi basah yang warnanya putih bersemu merah itu loh (diiris berbentuk ring ya) dan saos sambal pedas manis. Jangan lupa bumbu siap masak ‘cumi asam pedas manis’nya Maggie. Tambahin irisan bawang Bombay ya. Campur aja semua bahan, masak sampai matang. Ukuran banyaknya cumi liat yang tertera diatas bungkus ‘bumbu siap masak’ tadi. Cara masaknya juga ada. Gampang kan? Sst, resep rahasia ini hanya boleh diketahui ibu-ibu muda aja yah. Aq juga dapat dari mbak Novi (opo kabare sampeyan mbakq yang baik dan cantik).

Aduuuh lapar. Hunting dulu ya, panas-panasan dikit, supaya bersemu merah kayak cumi-cumi ;>

3 komentar:



Dephe mengatakan...

dah bisa masak neh cretanya?;)

Obat Pencegahan HIV mengatakan...

wah di coba ah , soalnya banyak yang suka pete nih :D

Obat Gula mengatakan...

Waduh,, salah satu makanan favoritku nih,,