Toko Garasi Nih

Warung garasi kami akan di'bedah' jadi toko busana (rumah butik/distro). Awalnya warung tsb dah mampu memberikan sumbangan pendapatan bersih bulanan yang lumayanlah. Tapi mungkin karena manajemen warungnya asal-asalan (dan terlalu menyerahkan pada sang penjaga warung) juga karena ga disiplin masalah keuangannya (dicampur2 antara kas warung, kas laundry dan kas pulsa/voucher isi ulang) maka makin lama makin menurun en ga jelas lagi pendapatannya. Sehingga tambah males deh kami ngurusnya. Padahal prospek bisnis pulsa/voucher di komplek kami cukup bagus.

Nah, seminggu ini kami menyiapkan proses 'bedah warung' tsb. Minggu kmrn aq dan Mama 'kembali' ke pasar Tanah Abang. Survey model produk busana wanita dan jilbab sekaligus belanja. Jadi inget dulu setiap Sabtu Minggu aq ikut jualan disana. Kami mengontrak satu kios di blok F deket pintu masuk dari parkiran.
Dari rumah di Jakarta ga sampe sejam dah sampe toko. Jualannya busana wanita (yang diproduksi sendiri oleh konveksi-an Bapak dan barang yang di'maklon'kan dari orang). Sekarang kami kesana sebagai pembeli (untuk dijual lagi). Ternyata aturan main jual beli disana masih sama. Ga perlu beli 1 kodi untuk dapet harga grosir. Bisa 1/2 kodi, 1/4 kodi, 1/2 lusin bahkan cuma dua biji. Tapi emang sayang kalo cuma beli sedikit. Udah jauh-jauh dari Depok. Rencana ke depan kalo memungkinkan ya produksi sendiri. So, barang yang kami beli modelnya macem2 biar banyak pilihan dan bisa desain model sendiri dan nentuin harga yang 'wajar'.

Semoga (insyaAllah) ada rejeki lagi buat nambah barang karena ternyata garasi kami cukup luas sehingga belanjaan pertama keliatan sangat sedikit kalo nanti dah dipajang. Btw, sampe hari ini masih proses menata toko. Masang display, hanger pajangan, ngecat ulang garasi (mana setelah dicat ternyata warna yg diinginkan ga sesuai lagi...Pa maunya warna kerang atau peach kali ya tapi jadinya oranye agak gelap?? - tadinya Pa mau hijau soft, Ma pink halus - duh nambah biaya pasang lampu yang banyak deh biar terang). Sekarang lagi semangat2nya pengen hunting barang dagangan dan perabot toko baju (manekin, hanger2, kaca de el el). Mudah2an cepet kelar deh biar semangat dagang lageee...sip!

0 komentar: